Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengantar HTML, XHTML, CSS dan Web

HTML(Hyper Text Markup Language)
merupakan suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program.
Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi :

Hypertext
Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.

Language
Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen

 

XHTML(Extensible Hypertext Markup Language)
XHTML adalah Gabungan dari XML (Extensible Markup Language) dan HTML (HyperText Markup Languang), jadi dapat di artikan Extensible HyperText Markup Language (XHTML) bentuk HTML dikombinasikan dengan aturan XML. Secara umum dalam penulisannya hampir sama dengan HTML, hanya memiliki aturan yang ketat.

CSS(Cascading Style Set)
suatu teknologi yang digunakan untuk memperindah tampilan halaman website (situs). Singkatnya dengan menggunakan Methode CSS ini anda dengan mudah mengubah secara keseluruhan warna dan tampilan yang ada di situs anda, sekaligus memformat ulang situs anda (merubah secara cepat). CSS juga memungkinkan si pembuat web untuk memodifikasi HTML untuk membentuk tampilan sebuah website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar